21 Jun 2024

Setelah Raih Juara I, Tim Debat Hukum Polda Aceh Audiensi Dengan Kapolda Aceh

Tim debat hukum Polda Aceh yang diwakili mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, belum lama ini meraih juara I lomba debat hukum antar Polda zona barat yang digelar di Ballroom Hotel ALTS Palembang, Sumsel, pada Kamis 6 Juni 2024 lalu. Lomba debat hukum antar Polda zona barat diikuti 12 Polda digelar dalam rangka HUT ke 78 Bhayangkara dan Polda Aceh yang diwakili mahasiswa Fakultas Hukum USK, Banda Aceh, berhasil meraih juara I dalam ajang lomba tersebut.

Selama pertandingan dalam tingkat zona barat, tim debat hukum USK berhasil mengalahkan tim debat hukum perwakilan dari POLDA Sumatera Utara, yang berasal dari mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dengan skor 1250 dan skor tim lawan 1229. Dari tahap tersebut, mereka berhasil naik ke tahap selanjutnya dan berhasil menjadi juara 1 dengan total skor tertinggi dibanding 2 tim lainnya yaitu dengan skor 1284.

Bahkan yang mengejutkan tim debat hukum mahasiswa FH USK ini juga mampu mengalahkan tim debat hukum dari mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang merupakan perwakilan dari POLDA Metro Jaya DKI Jakarta. Hal ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi tim debat hukum USK karena nantinya akan menjadi tim terpilih untuk melanjutkan pada tingkat pusat, dimana mereka berhasil bukan hanya sebagai perwakilan USK namun juga sebagai perwakilan POLDA Aceh.

 

Setelah berhasil meraih juara I, Tim debat hukum Polda Aceh melakukan audiensi dengan Kapolda Aceh Irjen Pol. Achmad Kartiko, S.I.K., M.H. Kapolda Aceh saat menerima audiensi tim debat hukum tersebut, sangat bangga dan berterima kasih atas prestasi yang telah diraihnya yang dapat membanggakan dan membawa harum nama Polda Aceh.

Audiensi itu berlangsung di ruang kerja Kapolda Aceh, Gedung Satya Haprabu, Lantai 2 Mapolda Aceh. Tim debat Polda Aceh dari USK, Banda Aceh, yang beraudiensi dengan Kapolda Aceh dipimpin Dekan Fakultas Hukum USK Dr. M. Gaussyah, S. H., M. H, kemudian Dosen Pendamping, dan sejumlah mahasiswa Fakultas hukum USK lainnya.

Turut hadir mendampingi Kapolda Aceh dalam kegiatan itu, Kabidkum Polda Aceh AKBP Febri Kurniawan Ma’ruf, S. H., S. I. K, dan Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Aceh AKBP Agung H. S,S. H., M.S.M.

Dekan Fakultas Hukum USK berharap kompetisi debat hukum ini dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman berharga untuk para mahasiswa agar terus dapat meningkatkan prestasi dan kualitas tim USK seterusnya,