09 Mei 2024

Debat IVED di UGM, Tim Universitas Syiah Kuala Raih Juara III

Banda Aceh – Dalam acara debat nasional yang bertajuk Indonesian Varsity English Debate (IVED) 2023, tim mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (USK) berhasil mendapatkan juara 3 kategori Novice. Kegiatan debat nasional yang bergengsi ini dilaksanakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) selama dua hari (4 dan 5 Februari 2023) yang berlangsung secara daring, Minggu (5/2/2023).

Tim debat USK terdiri dari 3 orang mahasiswa yaitu Annisa’ Fitri (Fakultas Hukum), Muhammad Rais Adzaki (Fakultas Teknik) dan Ariq Taqi Rana (Fakultas Hukum). Menurut Koordinator Tim Debat USK, Nudzran Yusya, S.Psi., M.Si mengatakan bahwa perlombaan ini sangat ketat dan kompetitif karena diikuti oleh perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Namun, Alhamdulillah berkat kegigihan dan kerja keras anak anak mahasiswa kita, berhasil mencapai semifinal dan meraih juara ketiga,” kata beliau menambahkan.

Tim Debat USK di babak perempat final berhasil mengalahkan Tim Debat Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Tetapi pada akhirnya di babak semifinal Tim Debat USK kalah nilai tipis dari Tim Debat Universitas Padjadjaran (UNPAD) setelah perdebatan yang sangat sengit.

Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP, M.Sc mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, sehingga Tim Debat USK mampu tampil optimal dan meraih juara 3 kategori Novice.

“Tim Debat USK kedepannya akan lebih intensif dalam hal pembinaan Debat, sehingga berbagai kompetisi ke depan akan mendapatkan hasil yang lebih gemilang lagi, insya Allah,” terang dosen yang aktif dalam berbagai riset dan pengabdian ini.

Ketua Pengembangan Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM) Dr. Ir. Marwan, S.Si., M.T., IPM., ASEAN Eng, menyambut baik atas prestasi ini di awal tahun.

Ditambah lagi dengan perubahan struktur di Biro Kemahasiswaan dari Kepala Biro menjadi Direktorat, salah satunya Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan. Semoga dengan adanya Direktorat ini, bisa meningkatkan prestasi-prestasi USK yang lebih baik kedepan.

Tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan dengan P2KM USK untuk lebih mengintensifkan pembinaan-pembinaan mahasiswa dalam meraih prestasi.
Sumber